Dasar Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat artikan lebih kumpulan dua komputer atau lebih
saling terhubung secara elektronik. Data yang berupa teks, audio maupun
video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga
memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling
bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan
hardware/software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama. Sebuah
jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan
node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang
saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi
sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan
untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung
tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon,
gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
Sejarah Jaringan Komputer
Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer
pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek
pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset
Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.mPada mulanya
proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer
yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa
banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch
Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah
komputer dengan kaidah antrian.
Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai
terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa
tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi
proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing
System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer
diaplikasikan.Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke
sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu
jaringan (host) komputer.
Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan
teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects
Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada
tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.Pada tahun
1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama
lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah
jaringan. Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah
banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal,
maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed
Processing).
Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan
besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung
secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak
diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan
telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua
host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah
dari komputer pusat. Di kutip Dari (wikipedia).
Klasifikasi Jaringan Komputer
Untuk Klasifikasi Jaringan Komputer disini ada Beberapa dia antaranya
adalah Berdasarkan Geografisnya . Jaringan Komputer Terbagi menjadi 3
yaitu LAN (Local Area Network) dimana Cakupan jaringannya hanya satu
lokal Misalkan Rumah menguanakan Wifi Dari Pihak ISP nah itu bisa di
bilang LAN. MAN (Metropolitan Area Network) Untuk yang satu ini Adalah
Sekumpulan LAN LAN yang menjadi Satu tapi masih dalam Satu LOKASI .
Contohnya masih Dalam satu lingkup Kantor Atau daerah. WAN (Wide Area
Network ) adalah Jarigana luar cakupanya adalah Daerah Kota Sampai
Negara . Ini biasanya di sebut Internet. Berdasarkan Fungsinya Jaringan
Komputer, Jaringan Komputer mempunyai Beberapa Type di antaranya
Client-Server dan Pear to Pear. Client-server itu adalah jaringan yang
menghubungkan antara Client ke server biasanya ini di lakukan pada
Pembagian koneksi internet atau File . Pear to Pear kalo ini sama saja
seperti Face to face Berarti Hubugan 2 client yang berbedan ini
sifaatnya privet. Biasanya untuk Bermain Game atau Sharing Data.
Berdasarkan Topologi Jarigan. Topologi jaringan adalah hal yang
menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun
jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi
menjadi 6 kategori utama seperti di bawah ini. Berikut Topologi Jaringan
Komputer Topologi bus, Topologi ring, Topologi Star, Topologi Mash,
Topologi Tree, Topologi Hiraki Berdasarkan Distribusi Sumber
Informasi/Data. Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer
klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungssi sebagai
perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu
komputer peladen.Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa
jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang
saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
Berdasarkan Media Transmisi Data dalam hal ini Media Transmisi data ada
Beberapa Kabel dan Nirkabel. kalo Kabel yang biasa di guanakan Adalah
UTP, Fiber Optic dan Coaxial itu untuk media Kabel jika Nirkabel Seperti
Wirelles/Wifi , Vsat dll.
Osi Layer
Ketika ISO (International Standart Organization) membuat standarisasi
protokol, maka terciptalah sebuah standar model referensi yang berisi
cara kerja protokol. Model referensi yang kemudian disebut dengan Open
System Interconnection (OSI). Berdasarkan dokumen rekomendasi X.200,
standart OSI ini memiliki 7 layer. Tiap layer ini memiliki definisi
fungsi yang berbeda.
Untuk pembahasan lebih dalam lagi tentang OSI layer penjelasan akan ada
posting khusus yang membahas lebih dalam lagi hanya ada di Javanetmedia.
Perkabelan Di Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih dari komputer yang
saling berhubungan satu sama lain. Produktifitas dan efisiensi merupakan
bentuk keuntungan yang kita dapat dari jaringan komputer Sebagai
Penghubung komputer memungkinkan pemakaian printer secara bersama-sama,
memungkinkan pengkopian file antar PC . Nah Teori ini khusus untuk
Mengetahu seorang Teknisi Jaringan Harus paham dengan Kabel Yang harus
di gunakan Terus Kelemahannya cara Terminasi Dari setiap kabel Contohnya
Terminasi Kabel UTP yang biasa DI lakukan oleh Orang adalah membuat
Sususan straghtover Dan Crossover mereka harus paham Keguanan setiap Pin
Atau Kabel pada UTP berserta susuana warna untuk membuat Type di atas .
Untuk pembahasan lebih dalam lagi tentang Pengkabelan dan penjelasan
akan ada posting khusus yang membahas lebih dalam lagi hanya ada di
Javanetmedia.
Subneting
Subnetting adalah proses memecah suatu IP jaringan ke sub jaringan yang
lebih kecil yang disebut "subnet." Setiap subnet deskripsi non-fisik
(atau ID) untuk jaringan-sub fisik (biasanya jaringan beralih dari host
yang mengandung satu router-router dalam jaringan multi).
Biasanya dalam perhitungan subnetting semuanya pasti mengenai seputar
Jumlah Subnet, Jumlah Host per Subnet, Blok Subnet, dan Broadcast
Address. Biasanya penulisan IP address adalah seperti 192.168.1.1 ,
tetapi terkadang dituliskan 192.168.1.1/24 ,nah pasti ada maksudnya dari
192.168.1.1/24? Maksudnya adalah IP 192.168.1.1 dengan subnet mask
255.255.255.0 (1111111.11111111.11111111.00000000) atau 24 bit subnet
mask di isi dengan angka 1. Konsep ini yang disebut dengan CIDR
(Classless Inter-Domain Routing) yang diperkenalkan pertama kali tahun
1992 oleh IEFT. Contoh dari Subnetting Dan Penghitunganya Akan Dibahas
di Post Subneting.
Sumber http://www.javanetmedia.com/2015/05/pengetahuan-jaringan-komputer.html
Komentar
Posting Komentar